Pengalaman Berharga Mahasantri : Kunjungan Industri Ke Diskominfo Dan Icon Plus

Memuat Informasi Kabar dan Informasi Kegiatan Pesantren Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pesantren PeTIK Adalah Lembaga Pendidikan Vokasi Dan Merupakan Lembaga Pendidikan Non-Formal Teknik Informatika (Satu Tahun, Setingkat Kurikulum). Memiliki Program Kuliah IT Gratis Dan Pesantren Gratis Menjadi Pesantren Terbaik Lulusan SMA/SMK Sederajat Untuk Mendapatkan Kuliah Gratis Dibidang IT.

Pengalaman Berharga Mahasantri : Kunjungan Industri Ke Diskominfo Dan Icon Plus

Seluruh mahasantri Pesantren Teknologi Informasi Dan Komunikasi (PeTIK) menjalani kegiatan kunjungan industri dengan mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, yang berlokasi di Gedung Baleka, sebagai gedung administratif utama pemerintahan Kota Depok. Kunjungan kedua dilakukan ke PT Indonesia Comnets Plus (ICON Plus), anak usaha PT PLN (Persero) yang berfokus pada teknologi informasi dan komunikasi, dan berlokasi di Cinere, Kota Depok.

Kunjungan industri bertujuan memberikan pengalaman praktis yang memungkinkan mahasantri bisa menyaksikan operasional dunia nyata dan merasakan atmosfer kerja industri secara langsung. Dengan demikian, mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang mereka pelajari di kelas ke dalam situasi praktis. ini juga berperan penting dalam pengembangan keterampilan kerja mahasantri, termasuk observasi, analisis, dan pemecahan masalah, sambil memperluas keterampilan komunikasi dan jejaring melalui interaksi dengan para profesional industri.

Dalam kunjungan ke Diskominfo Kota Depok pesantren PeTIK mendapatkan sambutan hangat secara langsung dari Dr Muhammad Fahmi,ST, M.Si selaku sekretaris Diskominfo kota Depok, Selain itu, Mahasantri mendapatkan wawasan langsung dari para ahli tentang penerapan Teknologi Informasi (TI) di lingkup pemerintahan. Salah satu pemaparan menarik adalah mengenai aplikasi Depok Single Windows (DSW), yang merupakan aplikasi media integrasi untuk memudahkan layanan informasi kepada masyarakat Kota Depok, seperti layanan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH), Kependudukan, Kesehatan, dan lain sebagainya.

Dan Dalam Kunjungan ke ICON Plus Mahasantri mendapatkan kesempatan istimewa diajak untuk berkeliling dan melihat secara langsung kegiatan para karyawan di lingkungan ruang kerja ICON Plus, termasuk kunjungan ke ruang data pusat, ruang data keamanan, ruang monitoring dan informasi dan lain sebagainya. Selama kunjungan ini, mahasantri dijelaskan secara menyeluruh tentang proses alur kerja, aplikasi framework yang digunakan, dan hasil output yang dihasilkan.

Kegiatan kunjungan Industri ini tidak hanya memberikan wawasan praktis, melainkan juga berkontribusi secara signifikan dalam membentuk pemahaman mahasantri tentang dunia industri dan membantu mereka dalam merancang orientasi karir yang lebih baik. Mahasantri dapat memanfaatkan pengalaman ini untuk mengembangkan keterampilan kerja mereka dan membangun jaringan yang berharga untuk masa depan karir mereka.

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *