Akademik

AKADEMIK

Setiap manusia dilahirkan memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi unggul. Kata kuncinya, memanfaatkan kesempatan. Karena itu, Pesantren PeTIK membuka kesempatan kepada seluruh anak bangsa untuk mengembangkan kemampuannya, khususnya pendidikan vokasi bidang teknologi informasi.

Pendidikan vokasi di Pesantren PeTIK dirancang dalam bentuk kurikulum terapan terpadu, fokus IT dan karakter. Tren pasar kerja yang sesuai dengan industri dan dunia kerja menjadi acuannya.

JURUSAN DAN PROGRAM STUDI

Penyelenggaraan pendidikan Jurusan Teknik Informatika di Pesantren PeTIK meliputi 3 prodi :

  1. Pengelolaan Sistem dan Jaringan (PSJ)
  2. Pengembangan Perangkat Lunak (PPL)

STRUKTUR PEMBELAJARAN

1. Intensifikasi Pembelajaran

Intensifikasi vokasi difokus-utamakan pada penguatan pembelajaran terapan IT dan karakter.

2. Industry-Camp

Industry-camp menggunakan metode belajar project based learning, yaitu project industri/perusahaan yang menjadi mitra kerja Pesantren PeTIK.

KOMPETENSI PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Prodi Pengembangan Perangkat Lunak (PPL) menguasai kompetensi sebagai calon tenaga kerja  pengembang web aplication, pengembang aplikasi mobile (android) aplication dan administrator database. Adapun materi yang diajarkan meliputi :

  1. Basis Data
  2. Dasar Komputer
  3. Pemograman Java
  4. Pemograman Web
  5. Pemograman Back End
  6. Media Pengembangan Aplikasi
  7. Desain Pemograman Front End
  8. Pemograman Android
  9. Pengerjaan Proyek IT

KOMPETENSI PENGELOLAAN SISTEM & JARINGAN

Prodi Pengelolaan Sistem dan Jaringan (PSJ), menguasai kompetensi sebagai calon tenaga kerja administrator sistem dan jaringan, instruktur teknologi informasi dan komunikasi serta konsultan teknologi informasi dan komunikasi. Adapun materi yang diajarkan meliputi :

  1. Pengantar Sistem dan Jaringan
  2. Linux Fundamental
  3. Mikrotic
  4. Otomatisasi Administrasi Server
  5. Administrasi Jaringan Linux
  6. Keamanan Sistem dan Jaringan
  7. Komputasi Awan
  8. Pengerjaan Proyek IT

INDUSTRY CAMP

Industry-Camp merupakan intensifikasi program jangka pendek dan mendalam yang dilaksanakan setelah mahasantri menyelesaikan program pembelajaran terapan.

Model Industry-Camp dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai kondisi di perusahaan yang sebenarnya. Objek didik diperlakukan seperti sebenar-benarnya sebagai pekerja/karyawan dan harus mengikuti seluruh aturan perusahaan pada umumnya. Mulai dari penerapan sikap kerja (soft skill), pencapaian target pekerjaan (hard skill) hingga menunjukkan integritasnya (karakter).

KURIKULUM PEMBINAAN PRAKTISI KARAKTER

Pembinaan karakter Mahasantri Pesantren Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pesantren PeTIK) berdasarkan panduan model pembinaan Mahasantri yang berisi tentang enam nilai karakter Mahasantri yaitu Religius, Integritas, Kerjasama, Mandiri, Berani dan Disiplin dengan model pembinaan terpadu yang melibatkan stakeholder pesantren yaitu pengasuhan, dosen, manajemen, alumni, orang tua mahasantri dan YBM PLN.